SEDEKAH ADALAH ? MANFAAT DAN LARANGAN SEDEKAH - PART 1

Pengertian Sedekah, Manfaat Sedekah dan Larangan Sedekah - Part 1

SEDEKAH ADALAH ? MANFAAT DAN LARANGAN SEDEKAH

Sedekah Adalah ?

REMIND.ENKOSA.COM – Sedekah adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah berasal dari bahasa Arab yaitu Shadaqah,  berasal dari kata Sidiq  yang berarti “Kebenaran”. Sedekah tidak hanya mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik. Karena sedekah lebih luas dari sekedar zakat atau infak.

Sedekah merupakan ibadah yang istimewa dan merupakan amalan yang dicintai Alla SWT. Hal ini terdapat dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 271 :

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikan dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapus dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan“ (QS. Al-Baqarah 271).

Jadi ini kata kunci nya, makin sering kamu mengeluarkan maka makin bagus, makin bagus yang kita kasih makin sempurna balasan dari Allah. Jadi, sedekah itu tidak harus banyak, tidak harus bermewah-mewahan. Makin banyak kamu bersedekah makin terbuka pintu rezeki Anda. Sesuatu yang dikeluarkan di jalan Allah akan mendatangkan respon rezeki banyak. Dan begitu banyak sekali manfaat dan keutamaan dari sedekah, antara lain :

1. Sedekah dapat menghapus dosa.

Sedekah adalah ibadah yang istimewa, sedekah dapat memudahkan kita dalam menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api (HR. At-Tirmidzi). Diampuninya dosa dengan sebab sedekah di sini tentu saja harus disertai taubat atas dosa yang dilakukan. 

Sebagian orang yang sengaja berbuat maksiat, seperti korupsi, memakan riba, mencuri, berbuat curang, mengambil harta anak yatim, dan sebelum melakukan hal-hal ini ia sudah merencanakan untuk bersedekah setelahnya agar impas tidak ada dosa. Yang demikian ini adalah perbuatan yang tidak dibenarkan, karena termasuk dalam merasa aman dari azab Allah.

2. Sedekah memberi keberkahan kepada harta dan tidak menguranginya

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda untuk mengingatkan kita dalam sebuah riwayat Muslim, “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim). Kenapa demikian? Karena meskipun secara tersurat harta terlihat berkurang, namun kekurangan tersebut akan ditutupi dengan pahala di sisi Allah SWT dan akan terus bertambah menjadi lebih banyak. Ini merupakan janji Allah yang terdapat dalam surat Saba :

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’ :39)

SEDEKAH ADALAH ? MANFAAT DAN LARANGAN SEDEKAH

3. Allah SWT akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. AL- Hadid : 18)

4. Sedekah akan mendapatkan naungan pada hari akhir.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bercerita, ada 7 jenis manusia yang mendapat naungan di hari akhir, salah satu manusia yang mendapatkannya adalah :

“Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari)

5. Sedekah dapat memebebaskan dari siksa kubur.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda :

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib)

Selanjutnya >>> Part 2


Pencarian yang paling banyak dicari

  • Pengertian Sedekah
  • manfaat sedekah
  • larangan sedekah
  • sedekah adalah
  • jenis jenis sedekah
  • hadist sedekah
  • hadist bersedekah
  • hukum sedekah