SEDEKAH ADALAH ? MANFAAT DAN LARANGAN SEDEKAH - PART 2

Pengertian Sedekah, Manfaat Sedekah dan Larangan Sedekah - Part 2

SEDEKAH ADALAH ? MANFAAT DAN LARANGAN SEDEKAH

 Berikut ini adalah sejumlah hal penting yang sangat penting diperhatikan jika ingin bersedekah :

1. Pastinya memberi sedekah degan ikhlas karena Allah, tidak dicampuri riya dan sum’ah (ingin dipuji orang)

Umar Bin Khathab berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya setiap amal disertai niat, dan seseorang itu hanya akan mendapatkan apa yang diniatkannya.’” (HR Bukhari 1 dan Muslim 1907)

2. Janganlah bermaksud dapat balasan yang lebih

Terkandung dalam Surah Al-Muddatstsir, “Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.” (QS Al-Muddatstsir 74 : 6)

3. Bersedekah harus berasal dari sesuatu yang halal dan baik

Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yhang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Mahakaya lagi Mahaterpuji. “QS Al-Baqarah 2 : 267)

4. Harta terbaik dan yang paling disukai untuk disedekahkan

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. Ali-Imran 3 : 92)

5. Mengungkit-ungkit, menyebut pemberian dan menyakiti

Terdapat dala Surah Al-Baqarah ayat 264, “Hai orang-orang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia.”

Ada 3 hal buruk akibat mengungkit-ungkit sedekah yang akan ditimpakan kepada seseorang, yaitu :

  • Tidak dipandang dan disucikan Allah. Allah tidak akan mensucikan mereka sampai kapanpun, maka dari itu kita harus ikhlas dalam melakukan perbuatan baik.
  • Dimasukan kedalam golongan yang dijauhi Allah. Allah tidak akan mengajak mereka bicara dan senantiasa hidup dalam kemunafikan.
  • Akan diberikan azab oleh Allah. Azab bagi mereka yang suka pamrih terhadap sedekah yang dikeluarkan. Golongan ini termasuk golongan munafik

6. Merahasiakan sedekah dan tidak menghumbar-humbar

“Jika kamu menampakan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Baqarah : 271)

Setelah mempelajari hal-hal di atas semoga kita menjadi hamba yang lebih baik dan dijauhkan dari golongan-golongan yang dibenci Allah dan dapat lebih sadar betapa pentingnya melakukan sedekah di jalan Allah.

Sebelumnya >>> Part 1

Pencarian yang paling banyak dicari

  • Pengertian Sedekah
  • manfaat sedekah
  • larangan sedekah
  • sedekah adalah
  • jenis jenis sedekah
  • hadist sedekah
  • hadist bersedekah
  • hukum sedekah