DEWA-DEWA MITOLOGI YUNANI KUNO DAN PENGERTIANNYA

Mitologi Yunani dan Sejarah Singkat

Mitologi Yunani adalah kumpulan mitos, cerita, legenda dan kisah-kisah yang berasal dari Yunani (Greeks/Greece) yang di dalamnya terdapat Dewa-dewi, Titans dan pahlawan, menurut kepercayaan Yunani kuno. 

DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA

Apa yang dimaksud dengan Titan? Titan adalah para penguasa bumi sebelum para dewa Olympus atau disebut juga dewa lama, ada yang menyebutnya titan itu adalah dewa yang menjelma sebagai raksasa.
Suatu ketika ada peperangan besar antara Dewa dan Titan, para Titan dipimpin oleh Kronos dan para dewa dipimpin oleh Zeus. Para Titan pun kalah dan dibuang dan dipenjarakan di Tartarus (kediaman Hades) dan dewa menguasai Olympus. 

Ada beberapa dewa dan titans yang akan kita bahas pada artikel ini, simak terus liputannya.

1. Zeus

Mendengar kata “Zeus” sangat tidak asing di telinga kita. Menurut kepercayaan Yunani kuno, Zeus adalah Raja para dewa dan pemimpin para dewa-dewi yang merupakan penguasa Olympus. Olympus adalah sebuah gunung tinggi menjulang ke langit yang merupakan istana para dewa dan dewi tinggal. Zeus adalah anak dari Kronos dan Rheia. Zeus merupakan salah satu dari 3 Dewa utama di Yunani, yang pertama adalah Zeus penguasa langit, yang kedua adalah Hades penguasa dunia bawah, dan Poseidon penguasa lautan.
DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA
Senjata Zeus adalah Blade of Olympus yang tidak bisa di pegang oleh sembarang orang atau dewa dan dia juga mempunya petir yang dahsyat. Zeus berselingkuh dengan banyak dewi dan manusia sehingga Zeus mempunyai banyak anak dewa dan demigod (manusia setengah dewa). Zeus mempunyai hewan peliharaan yaitu elang emas raksasa.

2. Hades

Hades adalah putra tertua dari kronos sebelum Poseidon dan Zeus. Hades bersama para saudaranya mengalahkan para titan dan mengambil alih kekuasaan atas dunia. Dan mereka bertiga menentukan tempat kekuasaan dan tempat kekuasaan Hades adalah dunia bawah. Ia sangat dekat dengan dunia roh. Dia bukan penghuni Olympus karena perseteruannya dengan Zeus mengakibatkan dia mendiami dunia bawah.
DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA
Hades sering dianggap sebagai dewa kematian meskipun bukan. Senjata Hades adalah tongkat dengan dwisula. Banyak cerita yang mengkaitkan adanya konflik dengan Zeus, dengan alasan perebutan kekuasaan atas Olympus. Hades mempunya hewan peliharaan menakutkan yaitu Cerberus (anjing raksasa berkepala tiga) yang mampu menyemburkan api.

3. Poseidon

Poseidon adalah anak kedua dari Kronos dan Rheia. Ciri khasnya yaitu memegang tombak trisula (Trident) yang dikenal juga dengan dewa Neptune atau dewa Neptunus (penguasa lautan). Poseidon bisa membuat gempa, banjir dan tsunami dari kekuatanya dan trisulanya. Poseidon memiliki kendaraan yang ditarik oleh kuda setengah ikan.

4. Hera

Hera adalah anak Kronos dah Rhea. Hera merupakan dewi pelindung, perkawinan, pengorbanan dan kesetiaan. Hera disebut juga ratu para dewa yang merupakan kakak perempuan Zeus sekaligus istri Zeus. Dari pernikahannya dengan Zeus, ia diberkati tiga anak yaitu Ares, Hephaestus, dan Eilethyia.
Digambarkan dengan wanita cantik dan membawa burung merak.

5. Ares

DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA
Ares dijuluki dewa perang. Ares merupakan anak dari Zeus dan Hera. Masyarakat Yunani kuno menyebutnya sebagai dewa Mars. Diketahui ia adalah dewa paling kejam dan dewa pembantaian. Ares selalu digambarkan menggunakan baju zirah atau perang.

6. Hermes

DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA
Hermes adalah dewa petunjuk, dewa pengantar pesan, dewa pelindung para petualang, dan dewa penuntun arwah. Hermes merupakan anak dari Zeus dari istri bernama Maia. Ia dapat melintasi 3 dunia, dunia dewa, dunia manusia dan dunia kematian.

7. Aphrodite

DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA
Ia adalah dewi cinta, nafsu, bujukan, kecantikan, dan kesenangan. Ia digambarkan mempunyai rupa yang cantik, siapapun yang melihatnya akan jatuh hati. Dia mempunyai suami bernama Hephaestus namun ia memiliki anak dengan kekasihnya. Lambang nya adalah burung merpati, Apel, dan cangkang kerang.

8. Athena

DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA
Athena adalah dewi perang, kebijaksanaan, strategi, seni, dan juga pendidikan. Athena adalah anak dari Zeus dan Metis. Ia digambarkan sebagai wanita yang kuat, menggunakan baju perang dengan pelindung kepala serta memegang perisai dan tombak. Dia mempunyai hewan kesayangan yaitu burung hantu. Athena juga mempunya senjata yang ditakuti musuh dengan diberkati ketangkasan dan kecepatan, yaitu Blade of Athens/Blade of Athena, yang berupa pedang pendek kembar yang sangat tajam.

9. Apollo

DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA
Apollo adalah dewa matahari, musik, cahaya, ramalan, panahan, penyembuhan dan pelindung kaum muda. Dia adalah saudara kembar dari dewi Artemis, yang merupakan anak dari Zeus dan Leto. Ia diberi kekuatan untuk mengatur pergerakan matahari dan cahaya di bumi.

10. Artemis

DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA
Artemis adalah dewi bulan, pelindung hewan, kelahiran, kesuburan, kesucian dan perburuan. Ia digambarkan sebagai sesosok wanita dengan membawa busur dan panah. Ia dan saudara kembarnya Apollo adalah pemanah terbaik di antara dewa Olympus.

11. Hephaestus

DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA
Ia adalah dewa api dan suami dari Aphrodite. Dia diberkati dengan kehebatan dalam mengolah besi dan menciptakan benda atau senjata luar biasa. Ia digambarkan sebagai dewa yang kuat dan simbolnya adalah palu, pelengkung dan besi landasan.

12. Hestia

DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA
Hestia adalah kakak sulung Zeus. Dia adalah dewi perapian dan pelindung keluarga. Ia digambarkan sebagai perempuan sederhana mengenakan penutup kepala putih atau kain. Hestia dewi paling dihormati oleh para dewa dan manusia karena keberadaanya dimana-mana.

13. Demeter

DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA

Dia adalah dewi tumbuhan, makanan, bunga, agraris, dan pelindung perkawinan. Demeter merupakan anak dari titan Kronos. Demeter disebut juga dewi pembawa musim. Dan dia adalah sebagai pengganti Hades di Olympus.


Berikut adalah beberapa Titan yang diketahui dan berbagai wujudnya.

  • Kronos 

DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA  DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA


  • Gaia

  DEWA-DEWA DALAM MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA
  


  • Atlas

 
      


  • Typhon



  • Ouranos

 
   
  • Hyperion
DEWA-DEWA MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA

  • Oceanus
DEWA-DEWA MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA

  • Rhea
DEWA-DEWA MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA


  • Helios
DEWA-DEWA MITOLOGI YUNANI DAN KISAHNYA