FAKTA TENTANG ASTEROID / METEORID BERUKURAN 50 KM MENGHANTAM BUMI, APAKAH KITA BISA SELAMAT?

REMIND.ENKOSA.COM - Siapa yang haus akan fakta tentang berbagai kejadian, fenomena, keunikan, dan beberapa fakta menarik mengenai makhluk hidup, benda, dan juga kejadian aneh di sekitar kita. Patutkah kita mengetahui hal ini? Jawabannya ‘Ya’. Agar kita selalu memahami hal-hal yang selama ini kita salah kaprak atau salah paham. Di artikel ini, kita menyajikan berbagai fakta menarik seputar pengetahuan alam dan teknologi, dan makhluk hidup. Yuk kita simak.

FAKTA TENTANG ASTEROID / METEORID BERUKURAN 50 KM MENGHANTAM BUMI

Apakah kita bisa selamat, Jika Bumi kita dihantam asteroid / meteor berukuran 50 km?

Jawabannya pasti Tidak Bisa, bahkan jika kamu jauh dari area jatuhnya benda tersebut. Kok Bisa??? Supaya kita tahu jawabannya, kita balik ke masa lalu sekitar 65 juta tahun lalu, dimana asteroid berukuran diameter 11 – 81 km menghantam bumi. Hasilnya dinosaurus punah baik akibat hantaman maupun efek setelahnya.

Asteroid seperti itu menghasilkan kawah raksasa berdiameter  180 km dan seluruh bumi mengalami gempa super besar hingga 12,5 skala ricther.

Jika tumbukannya terjadi di laut, maka dapat menimbukan tsunami setinggi 3 km. tumbukan tersebut memberikan efek ledakan yang sangat besar hingga radius lebih dari 1,000 km. kemudian efek panas dari ledakan tersebut akan membuat seluruh hutan dalam area yang cukup jauh mengalami kebakaran hebat.

Tumbukan dari asteroid sebesar itu setara dengan 5 miliar bom atom yang dijatuhkan di Hirushima. Begitu mengerikan bukan! Kalaupun ada manusia atau hewan yang masih selamat, makan mereka akan menghadapi efek selanjutnya yang juga mengerikan. Sama halnya dengan penyebab kepunahan semua dinosaurus yang jauh dari area jatuhnya asteroid.

Efek yang ditinggalkan setelahnya adalah bumi ini akan tertutup oleh awan ejekta yang membuat cahaya matahari tak dapat menembus. Bumi mengalami kegelapan total selama bertahun-tahun. Yang terjadi selanjutnya adalah bumi seakan melewati zaman es kecil, dimana suhu bumi sangat rendah dan membuat makhluk hidup tak mungkin bertahan, apalagi dalam waktu yang sangat panjang.

Semua itu belum  termasuk ancaman badai raksasa yang terjadi dimana-mana, rusaknya atmosfer yang membuat UV menembus bumi, hingga hujan abu yang menimbun daratan hingga ratusan meter.


Pencarian yang paling banyak dicari

  • fakta tentang asteroid menabrak bumi
  • fakta kepunahan dinosaurus
  • fakta asteroid raksasa
  • fakta asteroid raksasa menghantam bumi
  • fakta asteroid raksasa menghantam bumi 65 juta tahun lalu
  • gempa bumi dahsyat
  • tsunami dahsyat