PERBEDAAN BESI DAN BAJA

PERBEDAAN BESI DAN BAJA

Fakta tentang Besi dan Baja

Siapa yang haus akan fakta tentang berbagai kejadian, fenomena, keunikan, dan beberapa fakta menarik mengenai makhluk hidup, benda, dan juga kejadian aneh di sekitar kita. Patutkah kita mengetahui hal ini? Jawabannya ‘Ya’. Agar kita selalu memahami hal-hal yang selama ini kita salah kaprak atau salah paham. Di artikel ini, kita menyajikan berbagai fakta menarik seputar pengetahuan alam dan teknologi, dan makhluk hidup. Yuk kita simak.

Apakah Perbedaan Besi dengan Baja?

Sudah pasti jika diberikan pertanyaan perbedaan besi dan baja, jawabannya adalah”sama sama keras”, atau “besi mudah berkarat dan baja tidak”, eiittsss…tidak semudah itu menjawab, pasti ada penjelasan lebih mengenai hal ini.

Memang pertanyaan yang sederhana sih untuk kita jawab. Tapi setidaknya kita harus tahu, karena besi dengan baja itu benar – benar berbeda. 

Besi adalah unsur kimia Fe (ferrum). Besi berasal dari bijih besi yang diolah. Sedangkan Baja merupakan logam perpaduan antara vesi, karbon, mangan, fosfor, silikon, sulfur, alumunium, oksigen, dan nitrogen.

Besi memiliki sifat yang lebih lunak, elastis, magnetik lemah, dan mudah berkarat. Sedangkan Baja lebih keras, kaku, mahnetik kuat, tidak mudah berkarat, dan sulit dibentuk. Dalam pemakaian yang lama besi akan memiliki permukaan yang berkarat. Sementara permukaan baja tetap terlihat mengilat meski telah digunakan dalam waktu yang lama.

PERBEDAAN BESI DAN BAJA

Titik lebur Besi adalah 1,538 derajat celcius. Sedangkan Baja lebih rendah, yaitu 1,350 derajat celcius. Untuk harga, Baja jauh lebih mahal dari besi. Itu karena lebih kuat dan proses pembuatannya yang sulit. Besi biasanya digunakan untuk bangunan, perangkat dan peralatan serta kendaraan. Sedangkan Baja Untuk bangunan, kereta api, mobil, dan konstruksi.

Ada satu cara yang mudah untuk membedakan Besi dengan Baja dari suara. Jika material Baja di pukul dengan benda keras yg lainya akan menghasilkan bunyi yang nyaring. Berbeda dengan besi, besi justru sebaliknya. Jika dipukul akan tidak terlalu nyaring, seperti terdam oleh sesuatu. Oleh karena itu, material besi banyak digunakan pada blok mesin yang diperuntukkan agar blok mesin tidak menerima getaran terlalu berlebihan.


Pencarian yang paling banyak dicari

  • fakta tentang besi
  • fakta tentang baja
  • fakta tentang besi dan baja
  • perbedaan besi dan baja
  • apa itu besi
  • apa itu baja